Oct 17, 2011

Program Silo menggunakan PLC Siemens



Tutorial kali ini akan membahas tentang program silo, dimana pada program ini terdiri atas 4 buah input yaitu tombol push button start dan push button stop, sensor proximity dan sensor level dan terdiri atas 5 buah output yaitu lampu run, lampu fill, lampu full, solenoid valve dan motor penggerak konveyor. Cara kerja dari alat ini dijelaskan sebagai berikut :
1.      Ketika push button start (NO) di tekan maka lampu run menyala dan motor akan ON menggerakkan konveyor yang mengangkut box.



2.      Ketika sensor proximity mendeteksi adanya box, maka motor akan OFF dan solenoid valve akan membuka dan silo mulai mengisi box. Ketika proses mengisi, lampu run tetap menyala dan lampu fill juga ikut menyala.



3.      Setelah box terisi penuh dan menyentuh sensor level maka proses pengisian akan dihentikan dan solenoid valve akan menutup dan lampu fill mati sedangkan lampu full akan menyala dan saat itu pula motor akan ON ( jalan ) lagi. Semua system akan OFF apabila tombol push button stop (NC) di tekan.



4.      Berikut adalah program yang sudah saya buat.


2 comments:

  1. mas,caranya buat gmbar animasinya pakek ap??apakah bisa kita simulasikan program dari simatic langsung ke gambar animasi tsb dan gmbarnya bsa bergerak kyak HMI...mhon bantunya.

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa bang kalau pakai simatic, itu ada softwarenya sendiri untuk animasinya dan jenis plc yg digunakan mirip dengan plc allen bradly

    ReplyDelete

Start-Stop dengan 1 Push Button menggunakan PLC Siemens

Pada tutorial kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang program Start-Stop dengan 1 Push Button menggunakan PLC Siemens. Untuk perta...